TIPS MEMILIH TENDA MEMBRANE

Saat ini banyak orang yang sudah tertarik dengan Tenda Membrane untuk dijadikan atap dari bangunan yang mereka dirikan. Karena tenda membrane ini dapat melindungi gedung atau rumah dari berbagai iklim seperti panas dan hujan, tenda membrane juga sangat efesien dalam pekerjaannya dan lebih cepat dalam pekerjaan serta biaya yang sangat terjangkau dan hemat secara keuangan untuk jangka panjang.tenda membrane

Banyak orang orang yang bertanya ? bagaimana cara memilih tenda membrane yang baik dan benar serta efisien sehingga tidak merugikan untuk jangka panjangnya. Berikut ini hal hal yang mesti diperhatikan oleh kita ketika akan membeli atau memasang tenda membrane.

  1. Cari vendor tenda membrane yang berpengalaman dibidangnya minimal 3 tahun sudah bermain di tenda membrane, dan liat portofolionya , sudah berapa banyak mengerjakan tenda membrane dan dimana saja, observasi apakah vendor sudah mengerjakan pekerjaan tenda membrane di luar kota atau di luar pulau.
  2. Gunakan Pondasi yang mencukupi kekuatan dan besaran tenda, kedalaman pondasi mesti sangat diperhatikan, biasanya pondasi yang digunakan untuk tenda membrane adalah pondasi cakar ayam atau pondasi pedestial.
  3. Pilih stuktur tenda membrane (rangka tenda) yang kuat dan kokoh dalam hal ini mesti dilihat Diameter Pipa dan ketebalan pipa (biasanya tenda membrane menggunakan Pipa besi untuk struktur).
  4. Pertanyakan kepada Vendor sistem penyambungan rangka utama menggunakan baut atau hanya menggunakan las-lasan saja, lebih bagus kalo menggunakan baut untuk penyambungan antar struktur, hanya saja akan memerlukan waktu yang lebih lama.
  5. Cat: Pilihlah sistem pengecatan yang disemprot dengan angin karena akan lebih rapih dan hasilnya pun lebih bagus dari pengecatan yang hanya menggunakan dengan kuas biasa.
  6. Bahan Atap Tenda Membrane : Pertanyakan kepada vendor merk apa yang digunakan untuk atap tenda membrane nya, kemudian berapa gramasi bahan tersebut, semakin besar gramasi semakin bagus untuk tenda membrane, akan tetapi perhatikan juga bentangan tenda dan sesuaikan, apabila bentangan tenda berukuran kecil , cukup menggunakan gramasi antara 600 -700 gsm, dan apabila bentangan tenda berukuran besar maka anda bisa menggunakan bahan dengan gramasi 800 – 1100 gsm.
  7. Sling didalam membrane mesti diperhatikan ukurannya minimal 6 mm
  8. Sistem penyambungan antar bahan tenda membrane mesti menggunakan pemanas dengantekanan tinggi, sehingga kualitas sambungan sangat terjamin
  9. Tebal Camplate mesti diperhatikan dan disesuaikan dengan bentangan tenda membranenya, minimal menggunakan camplate 3 mm.
  10. Kualitas bahan membrane : tanyakan kepada vendor berapa lama kekuatan tenda setelah dipasang, kemudian tanyakan juga apakah bahan tenda membrane sudah dilengkapi anti jamur dan anti debu (kekuatan keduanya berapa lama)
  11. Perhatikan juga buget anda dalam membuat tenda membrane, sudah bukan rahasia umum bahwa tenda membrane lebih mahal dibandingkan dengan canopy lainnya seperti polycarbonate, zincalum dan lain lain. Akan tetapi kelebihan tenda membrane adalah design yang elegan dan tahan cukup lama.
  12. Pilihlah design yang elegan dan bagus tetapi aman secara konstruksi
  13. Pikirkan juga arah air pada saat turun hujan, apakah mau ke 1 arah atau kebeberapa arah, hal ini tentunya tergantung design dan lokasi tempat anda
  14. Sesuaikan design dengan lokasi tempat yang akan anda buat tenda membrane

Demikianlah tips memilih tenda membrane yang sangat bagus, mudah mudahan tulisan ini dapat menjadi referensi untuk anda yang akan memasang tenda membrane dirumah maupun dikantor

Dilarang Mengcopy tulisan ini tanpa izin penulis

Penulis

Hendra Wijaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *